dedaunan di ranting cemara

TIGA CARA MASUK SURGA

Posted in Opini, Tarbiyah by dirantingcemara on Friday, 14 December 2007

http://10.9.4.215/blog/dedaunan/25764

Sabtu kemarin saya diundang untuk ikut berbuka puasa bersama di salah satu rumah anggota pengajian pekanan istri saya. Saat jelang magrib saya didaulat untuk memberikan taushiyah di acara itu. Pendaulatan itu mau tidak mau harus saya terima. So, saya butuh referensi cepat untuk itu. Dengan membuka-buka mushaf syamil yang ada di tangan, mata saya terantuk pada dua ayat di Surat Ali Imran. Tepatnya di ayat 133 dan 134.
Kawan, inilah isi dari ayat tersebut:

133. Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,
134. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Dari dua ayat tersebut saya ambil kesimpulan, kalau mau jadi orang bertakwa yang dijanjikan kepada mereka dua hadiah istimewa yakni ampunan Allah dan surga yang seluas langit dan bumi maka kita harus dapat mengerjakan tiga amalan ini:

1. berinfak di waktu lapang dan sempit;
2. menahan amarah;
3. memaafkan kesalahan orang.

Lalu apa susahnya? Ternyata memang berat, memang susah. Maka pantas saja bagi Allah untuk memberikan kepada yang mampu melakukannya imbalan terbesar itu. Ya, bagaimana tidak manusia sesungguhnya mempunyai tabiat kikir artinya manusia tidak mau melepaskan sebagian haknya kepada orang lain dengan seikhlas hatinya. Ditambah lagi dengan setan yang menakut-nakuti manusia dengan kemiskinan. Otomatis lintasan pikiran untuk berbagi tidak menjadi mainframe kehidupan manusia.
Tapi bagi mereka yang mengetahui bahwa segala harta bendanya itu hanya amanah yang dititipkan Allah kepada dirinya, dan mengetahui bahwa sebenar-benarnya harta yang dimiliki adalah harta yang ia infakkan maka tabiat kekikiran dan tipuan setan itu mudah dikikis. Karena sesungguhnya tipu daya setan itu adalah tipu daya yang lemah.
Lalu bagaimana jikalau kita-kita ini sebagai manusia dengan tabiat kikir yang sudah diredam sehingga selalu timbul semangat untuk berbagi di setiap kesempatan tapi masalahnya kita tidak punya kelapangan rezeki? Nah, inilah salah satu bentuk ujian bagi kita. Wajar sih kalau lagi kaya kita selalu berinfak, tapi sungguh luar biasa jikalau sebaliknya. Ia papa, tidak punya apa-apa tapi selalu bersemangat dalam berbagi.
Inilah yang perlu kita tiru. Di lapang ataupun sempitnya keadaan kita, semangat berbagi hendaknya senantiasa menjadi hiasan hidup kita. Apalagi kalau kita mendengar janji Allah yang akan melipatgandakan sepuluh kali lipat bahkan menggandakan 700 kali lipat buat orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah. (Pantas saja saya belum merasakan ketiban rejeki nomplok ratusan juta rupiah, karena pancingan untuk mendatangkan rejeki itu cuma infak ribuan perak doang )
Kalau meniru bahasanya Ustadz Yusuf Mansyur: ”ente-ente mau kaya, sedekahlah”. Matematika kehidupan yang berlawanan 180 derajat dengan pakem teori ekonomi yang paling canggih di abad ini. Atau dengan bahasa lainnya: ente-ente mau sehat, sedekahlah atau ente-ente mau selamat dari malapetaka, sedekahlah. Sedekah mengatasi masalah tanpa masalah.
Satu nasehat baik untuk diri saya sendiri.
***

Menahan amarah. Ini juga suatu perbuatan yang rada-rada sulit dan berat. Apalagi kalau marah disaat kita mempunyai kekuasaan, punya power, kesempatan untuk membalas dan menyakiti orang lain. Maka pantas saja ada statement bahwa orang yang terbaik adalah orang yang mampu mengendalikan amarahnya disaat ia mampu membalas. Pantas pula Rasulullah SAW pernah berkata: ”janganlah kamu marah, maka bagimu surga”.
Saat marah yang tidak pada tempatnya itulah saat di mana setan menguasai hati dan akal kita. Sehingga wajar saja orang yang sedang marah ia tidak akan mampu memberikan penalaran yang baik terhadap kondisi sekitar. Marah bisa menjadi awal untuk melakukan perbuatan-perbuatan dosa lainnya. Menyakiti secara lisan dan fisik hingga terjadi pembunuhan.
Di sana ada api yang membakar diri. Yang cuma bisa dipadamkan dengan cara-cara Rasulullah SAW contohkan: pindah tempat berganti posisi dan berwudhu. Gampang sih, cuma karena nalar kita sudah dibolak-balikkan maka perbuatan yang semudah itu saja susah sekali dilakukan. Tinggal kuat-kuatnya kita dan orang lain saja menyadarkan diri ini. Pantas bagi orang yang bisa menahan amarah ia mendapatkan surga dan ampunan Allah.
Satu nasehat baik untuk diri saya sendiri.
***

Wahai kawan, ternyata memaafkan kesalahan orang lain pun menjadi suatu perbuatan mulia yang memang berat dilakukan. Bagaimana tidak, ketika kita disakiti orang lain dengan perkataan ataupun perbuatan maka sebagai manusia normal kita ingin sekali membalasnya dengan perbuatan yang setimpal bahkan jika perlu dibalas dua sampai sepuluh kali lipat. Kita sampai tidak bisa tidur hanya untuk memikirkan balasan itu. Hati kita gelisah, dongkol dan mangkel. Marah pun berkecamuk.
Ketika ia berusaha untuk memaafkan orang lain maka ia berarti sudah memutus habis banyak perkara. Ia menyerahkan semua urusannya kepada Allah. Ia telah menghilangkan penyakit pada hatinya. Ia menjadi orang yang benar-benar pemaaf dan berjiwa besar. Melapangkan dadanya dari kesalahan saudaranya. Ia membuat tidurnya lebih nikmat dirasakan tanpa gundah yang membuncah. Pantas saja bagi orang yang bisa memaafkan kesalahan orang lain mendapatkan ampunan Allah dan surgaNya.
Kawan pasti ingat tentang sebutan calon penghuni surga dari Rasulullah SAW terhadap salah seorang sahabatnya sehingga membuat penasaran sahabat yang lain. Di saat dicek amalan hariannya, amalan yang ia lakukan adalah amalan yang biasa dilakukan oleh sahabat-sahabat Rasulullah SAW yang lain. Ternyata cuma satu yang beda: di setiap malamnya , sebelum tidur, ia memaafkan kesalahan saudara-saudaranya di hari itu. Subhanallah. Pantas saja bagi orang yang bisa memaafkan kesalahan orang lain mendapatkan ampunan Allah dan surgaNya.
Sungguh, satu nasehat baik untuk diri saya sendiri.
***

Ba’da maghrib itu saya mendapatkan dua santapan yang mengenyangkan. Santapan ruhani—nasehat untuk diri saya sendiri dan Insya Allah beguna pula untuk yang lain—dan santapan jasmani berupa nasi, mie goreng, plus ayam bakar. Tidak hanya itu silaturahim pun terjalin dengan erat menambah semarak ramadhan mubarak. Menambah keyakinan sebuah cita. Satu cita pasti bagi kami: berkumpul di jannahNya. Insya Allah.

riza almanfaluthi
dedaunan di ranting cemara
14:22 17 Oktober 2006

About these ads
Tagged with:

45 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ningrum said, on Friday, 29 May 2009 at 2:55 pm

    masuk surga dengan pintu amalan diatas saya setuju setuju aja, tanpa meninggalkan solat 5 waktu dan kewajiban 2 lainnya.
    yang telah diperintahkan.

  2. noe tipex said, on Friday, 9 October 2009 at 4:14 pm

    wao……………….mean artkle bagus tp kurang lengkap .
    kLo bsa artkele ditambah yoooooooooooooooo.

  3. Rico said, on Saturday, 26 December 2009 at 10:40 am

    Wow di tambah aja artikelnya biar buanyak org masuk surga

  4. Tony said, on Saturday, 26 December 2009 at 10:56 pm

    “ente-ente mau kaya, sedekahlah”, saya se7, Ada tutor Milyuner berkata : Saya telah berbisnis dengan Allah. Saya pribadi sdh buktikan, Jika kita tidak pelit Allah jg tidak pelit, Jika kita ingat Allah, maka Allah akan ingat kita, dsb…dsb…dst, Insya Allah

  5. Septiadi said, on Sunday, 10 January 2010 at 1:39 pm

    B.E.R.T.A.U.B.A.T.L.A.H…….!

  6. sukses said, on Wednesday, 13 January 2010 at 4:55 pm

    WAHHH ALL SEMUANYA MAAF KAN AKU YA !!!
    AKU PASTI AKAN SELALU MEMBENCI KALIAN !!! ^

  7. Simon Ghost riley said, on Wednesday, 13 January 2010 at 7:58 pm

    wah sholatnya harus di tambahin nih ma ngajinya

  8. Luthfianty said, on Tuesday, 6 April 2010 at 5:50 am

    semoga hamba-hamba mu ini bisa menikmati Surga mu ya Allah
    Amin…

    Riza: amin…

  9. dewang said, on Thursday, 23 September 2010 at 6:21 pm

    saya ingin masuk surga bersama orang tua ku dan kakek dan nenek

    Riza: amin…

  10. wahyu said, on Wednesday, 2 February 2011 at 8:35 am

    aku pngen msuk surga brsma smua kluargaku,amiiin

  11. na said, on Friday, 5 August 2011 at 8:44 pm

    mintak share…

  12. Dea Surbhi said, on Friday, 7 October 2011 at 8:16 pm

    *** qhue ngin qhue and family qhue masuk S U R G A..
    A M I E N N N….

  13. novin revver said, on Tuesday, 13 December 2011 at 11:24 pm

    Dari judulnya 3 cara masuk surga.
    Emangnya kalau melakukan ke tiga hal di atas bisa masuk surga?
    Aku tidak percaya, karena ALKITAB berkata: Akulah satu-satunya jalan kebenaran dan hidup tidak ada satupun yang sampai kepada Bapa kalau tidak melalui aku. Jelas bahwa ketiga hal di atas tidak menjamin manusia masuk ke kerajaan sorga. Tapi….ke tiga hal diatas adalah baik dan menyenangkan hati Bapa,tapi ketiga hal diatas bukanlah jalan kesurga, melainkan bukti bahwa kita mengasihi Tuhan.Dan kita harus mengakuinya dari mulut dan dari hati bahwa ia adalah juruselamat kita dan kita percaya kepadanya dan percaya bahwa ia adalah Tuhan dan PASTI kita selamat. Tapi jika kita sudah beriman , kita juga harus bertindak yaitu berbuat baik, ketiga hal di atas, dan yang pasti melakukan sesuatu yang menyenangkan hati Bapa. Karena itu adalah bukti bahwa kita mengasihi Tuhan Yesus. Dan firman yang di ucapkan oleh mulut Tuhan Yesus tidak pernah kembali dengan kosong, jika Tuhan Yesus berkata Dia jalan kebenaran, maka Dialah satu-satunya jalan kebenaran.

    • yuli said, on Monday, 18 March 2013 at 8:59 pm

      gak usah bnyk cincong kek udah tua bnyk coment msk wc aja sana,,,,,,kyk agama loe yg paling bener aja…..Islam tu best in the best in my life

    • Jokowi Ahok said, on Tuesday, 21 May 2013 at 12:11 am

      Itu kan kata kitab lo he he, jadi ya orang kaya lo doang yg percaya

    • Jokowi Ahok said, on Tuesday, 21 May 2013 at 1:03 am

      Sejak kapan Nama Isa berubah jadi Yesus ?? Isa itu orang yahudi , Yesus itu bukan NAMA ORANG YAHUDI tapi merupakan NAMA ORANG ROMAWI , jaman dulu nga ada orang Yahudi namanya Yesus, dari sini aja namanya sudah di korup, apa anda nga sadar ?? Injil yg asli dalam bahasa Yahudi tapi saya yakin anda nga pernah liat INJIL YG ASLI dalam bahasa YAHUDI, kalupun ada pasti nya beli di Israel ! Karna apa ?, karna
      memang INJIL yg asli sudah di KORUP dan di MANIPULASI oleh orang” Vatican untuk kepentingan politik Romawi pada waktu itu. Makanya Injil tertua yg pernah di temukan itu dalam bahasa LATIN !! Bukan dalam bahasa yg di gunakan oleh Allah waktu memberikan wahyu kepada nabi Isa. Anda masih mau percaya dengan Injil hasil MANIPULASI bangsa Romawi ??

      Sejak kapan Isa ( Yesus klo versi Romawi) jadi tuhan ?? Jelas jelas dia manusia biasa ! Hanya kebetulan dia di angkat Allah jd nabi nya, sebagai manusia dia makan , minum, buang air kecil dan besar , apa ini secara logika bs disamakan dengan Tuhan ?? Tuhan MAHA ESA artinya dia MAHA TUNGGAL jadi nga bs ada DUA TUHAN secara bersamaan sedangkan dalam Injil ( yg sdh di korup) sering ada ayat dimana Isa (Yesus) berbicara dgn Allah. Ketahuilah, Isa DI ANGKAT SBG TUHAN oleh raja Romawi Constantin setelah seratus tahun Isa tidak ada dengan tujuan untuk mempersatukan bangsa Romawi yg waktu itu mempunyai banyak tuhan, padahal sejarah kaum Israel pada waktu itu tidak pernah mendengar Isa mengaku atau mengatakan dirinya TUHAN ataupun ANAK TUHAN.

      Saya usul anda pelajarin asal usul dan sejarah agama Kristen, mungkin Allah akan membuka hatimu, because the truth will prevail !

  14. novin revver said, on Tuesday, 13 December 2011 at 11:34 pm

    Untuk dapat masuk ke surga kita harus mengubur hidup lama kita yaitu dengan memberi diri kita di baptis. Yaitu baptisan air dan baptisan Roh Kudus, (lahir baru). Sebab baptisan adalah tindakan orang yang percaya kepada
    TUHAN YESUS KRISTUS. Pada saat kita sudah di baptis kehidupan lama kita sudah di perbarui oleh TUHAN, yang lama sudah berlalu sesungguhnya yang baru sudah datang. Karena itu jika kita percaya kepada TUHAN YESUS KRISTUS, kita juga harus bertindak, dan tindakan yang paling penting ialah di baptis dengan air dan Roh Kudus.

  15. novin revver said, on Tuesday, 13 December 2011 at 11:47 pm

    Amal ibadah tidak menjamin manusia dapat kesurga. Karena diterima atau tidak di terimanya amal ibadah kita, tidak menjadi jaminan manusia ke surga. Meskipun amal ibadah kita di terima, tapi kita belum menerima Yesus sebagai juruselamat, kita tidak di terima di surga. Karena perbuatan baik manusia hanya seperti KAIN LAPUK di hadapan Tuhan.
    Dan jika ada orang yang menerima Yesus sebagai juruselamat, sudah pasti dia berbuat baik. Tapi bukan berarti perbuatan baik/amal ibadah menyelamatkan, hanya saja Tuhan senang kita berbuat baik tapi itu tidak menyelamatkan.
    Yang di maksudkan KAIN LAPUK adalah jika kita mengandalkan amal kita, perbuatan baik kita di hadapan Tuhan, maka semua itu hanya KAIN LAPUK.

    • Jokowi Ahok said, on Tuesday, 21 May 2013 at 1:14 am

      Ya Allah tunjukan lah hambamu Novin jalan yg lurus, karna dia telah sesat !

  16. novin revver said, on Tuesday, 13 December 2011 at 11:59 pm

    TUHAN YESUS BAIK.
    Dia mau semua manusia selamat. Karena itu percayalah kepadanya.
    Jika agama dapat menyelamatkan. Tuhan tidak akan turun jauh jauh dari Surga ke bumi. Mengapa Dia rela di salib, di cambuk, di paku, di ludahi, di permalukan??? Karena Dia mengasihi manusia. Dan tidak ada satupun dari isi Bumi ini bahkan seluruh isi jakat raya di semesta yang dapat menyelamatkan manusia dari DOSA. Hanya DARAH YESUS yang bisa.

    • yuli said, on Monday, 18 March 2013 at 9:12 pm

      belajarlah menghargai agama org lain Bung……agamaku agamaku agamamu agamamu……thank…….

    • Jokowi Ahok said, on Tuesday, 21 May 2013 at 2:53 am

      Isa (Yesus) TIDAK PERNAH DI SALIB ! Catatan negara bangsa Romawi tidak ada yang mengatakan Isa mati di salib, itu hanya tercatat di sejarah orang Vatican yg memang dengan sengaja menyebar berita bohong dan mengatakan Isa (Yesus) di salib. Isa (Yesus) memiliki 12 sahabat setia yg selalu mengikuti nya, tapi kenapa hanya gospelnya Markus, Lukas ,Mathius dan John yg di tulis dalam Injil ?? ANEH BUKAN ?? Karna memang Vatican menganggap hanya gospel ke empat orang itu yang di anggap pas dengan ke inginan raja Constantin yg waktu itu berkuasa, sedangkan gospel dari 8 sahabat Isa lainnya tidak di ikut sertakan dalam Injil versi Vatican padahal mereka juga mengikuti perjalanan Isa. Faktanya lagi ke empat gospel itupun menurut sejarahnya sdh bebebrapa kali DI REVISI oleh Vatican tentunya untuk kepentingan politik waktu itu.

      Dengan ditemukanya Gospel nya Judas baru baru ini di Mesir yg mana terbukti umurnya ribuan tahun berdasarkan ilmuwan Amerika, dan dalam gospel Judas dikatakan justru judas adalah pahlawan karna MENYELAMATKAN ISA dr penyaliban tentara Romawi , karna waktu itu memang tentara Romawi tdk ada yg tahu bentuk rupanya Isa sehingga orang yg di cium judas sebetulnya adalah orang lain yg MENYERUPAI ISA. Judas sebagai sahabat Isa selama puluhan tahun tidaklah mungkin MAU BERHIANAT hanya karena akan di kasih 30 keping perak oleh tentara Romawi, dia sudah terbiasa mengikuti gaya hidup Isa yg sangat SEDERHANA jd tidak mungkin mendadak jd serakah dan berhianat kepada Isa (Yesus).

      Masih percaya dengan isi Injil versi Vatican yg sudah di KORUP dan di MANIPULASI ?? ” Seek, and you shall find ” Matthew 7:7

  17. Nabil Basalamah said, on Tuesday, 17 January 2012 at 7:55 am

    Assalamualaikum, tiga cara masuk surga itu memang gampang tapi rugi. Harus sholat 5 waktu dan mengaji al-quran. Karena sholat itu sembah terima kasih pada Allah, Al-Quran itu kitab suci (seperti novel atau film episodes). Kamu pasti heran kalau mengaji Al-Quran. Ada yang cerita tentang neraka dan surga. Kamu pasti paham ^_^

  18. slametwahyudi said, on Thursday, 2 February 2012 at 9:13 pm

    nice info Sob. Ijin copas.

  19. mandafrida said, on Monday, 16 April 2012 at 3:09 pm

    aduh gimana ya cara masuk surga

  20. syawira naca said, on Sunday, 22 April 2012 at 7:45 pm

    wew…

  21. kaos bukhari said, on Friday, 4 May 2012 at 2:55 pm

    siip deh buat artikelnya…

  22. Nona LoVe iqbal said, on Saturday, 13 October 2012 at 6:03 pm

    kita itu hanya percaya kepada allah kalo memang kita masuk surga atau neraka itu terserah allah yang memutuskan nyaa

  23. Hariadi said, on Saturday, 3 November 2012 at 5:55 am

    Ya Alloh jadikanlah hambaMu ini menjadi manusia yang masuk ke dalam SurgaMu Amin ya ALLOH

  24. adebastian said, on Saturday, 19 January 2013 at 2:40 pm

    Tanks infonya saya jadi tau

  25. Mr.5 said, on Friday, 15 March 2013 at 9:16 am

    wahai saudaraku..
    dengan ini kau pula telah memberikanku
    santapan rohani dengan nasihat2 yang indah..
    terima kasih..

  26. salma cinta Allah said, on Monday, 6 May 2013 at 12:15 pm

    semoga aku ,keluargaku , teman temanku dan orang orang yang baik sama aku masuk surga amiiin . terimakasih infonya

  27. pilardihabibulloh said, on Monday, 13 May 2013 at 8:47 am

    semoga allah memberi jalan yg terbaik untuk pilardi habibulloh

  28. pilardihabibulloh said, on Monday, 13 May 2013 at 8:48 am

    aku slalu cyank pada allah

  29. Acne Scars said, on Sunday, 28 July 2013 at 8:25 pm

    Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that
    it is really informative. I’m gonna watch out for brussels. I’ll appreciate if
    you continue this in future. Numerous people will be
    benefited from your writing. Cheers!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: